Selasa, 21 April 2009

Peluang usaha pada rantai budidaya jamur

’netters..., peluang usaha pada rantai budidaya jamur tidak akan saya bahas secara dalam pada artikel kali ini, karena saya yakin ’netters sudah banyak yang tahu peluang usaha ini dari media-media masa yang belakangan sering meliput dan membahas topik tersebut. Namun perlu ’netters ketahui ada dua hal penting dalam usaha budidaya jamur menurut pendapat saya; pertama; apa yang dipublikasikan oleh media masa mengenai usaha budidaya jamur kebanyakan hanya membahas hal-hal yang indahnya saja, jarang sekali dibahas mengenai bagaimana keseluruhan konsep bisnisnya; kedua, usaha budidaya jamur termasuk dalam kategori usaha yang high gain - high risk artinya usaha budidaya jamur ini berpeluang memberikan keuntungan yang relatif sangat besar tetapi sekaligus juga beresiko tinggi, karena usaha budidaya jamur adalah agrobisnis dimana kondisi alam (iklim, suhu, kelembaban, cahaya, dll) sangat berpengaruh. (Terkecuali bila anda memiliki modal yang cukup besar untuk membuat climate chamber, sehingga budidaya jamur tidak dipengaruhi oleh perubahan kondisi alam).

Dari kedua hal yang saya kemukakan tersebut intinya adalah ’netters harus mempelajari dan menghitungnya dahulu secara cermat peluang usaha ini sebelum memutuskan untuk menekuninya. Tidak sedikit usahawan budidaya jamur yang tumbang di tengah jalan sebelum benar-benar merasakan keuntungannya. Kebanyakan dari mereka adalah new comer yang kurang memahami konsep bisnis budidaya jamur dan kurang sabar menjalaninya, karena budidaya jamur bukan suatu bisnis yang instan yang bisa menghasilkan keuntungan dengan cepat tetapi semuanya melalui proses. Ada kalanya dalam satu periode budidaya (kira-kira empat bulan) sangat menguntungkan, tetapi periode budidaya berikutnya justru merugikan. Dan..., tidak sedikit pula new comer yang berhasil, mereka itulah yang memang benar-benar entrepreneur sejati.

'netters..., semua resiko yang mungkin terjadi dalam bisnis budidaya jamur sebenarnya bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan, semua resiko itu dapat diminimalkan. Hanya untuk dapat meminimalkan resiko tersebut perlu ketekunan, keuletan, kesabaran dan pantang menyerah serta jangan lupa sering-seringlah anda berdiskusi dengan para pelaku usaha budidaya jamur yang benar-benar menguasai baik teori maupun prakteknya. Hal ini penting dilakukan karena 90% ilmu yang bisa diterapkan dalam bisnis budidaya jamur diperoleh secara lerning by doing, sisanya dapat diperoleh dari buku-buku atau kursus-kursus. ’netters..., jadi siapkan diri anda secara matang baik lahir maupun batin bila anda ingin ambil bagian dalam usaha budidaya jamur yang penuh tantangan ini dan bersiaplah untuk menyongsong kesuksesan yang ada didepan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar